Home » , , » Pengaruh Penjajahan di Indonesia

Pengaruh Penjajahan di Indonesia



Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia telah mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai bidang kehidupan. Bangsa Eropa selain mempraktikan kolonialismenya, juga berusaha menanamkan budaya barat di daerah-daerah yang disinggahi dan dikuasainya. Pada masa penjajahan Belanda, sistem feodalisme diperkuat dengan cara memberikan peranan yang kuat kepada Bupati dan para kepala desa sebagai petugas pemungutan pajak. Berbeda dengan masa penjajahan bangsa Inggris yang justru menghapus peranan Bupati dan kepala desa serta menghapus adanya ras diskriminasi. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakatnya.

Gambar Ilustrasi
(Sumber : Google)






Pengaruh kolonial Belanda dan Inggris di Indonesia ternyata berbeda antara pulau jawa dengan luar pulau jawa, bahkan diantara daerah satu dengan daerah lainnya. Hal ini disebabkan beberapa hal sebagai berikut :
  • Pulau Jawa oleh Belanda dan Inggris dijadikan pusat kekuasaannya di Indonesia, sehingga kebijakan yang dikeluarkan tentunya berbeda dengan pulau lainnya. Hal ini menimbulkan pengaruh budaya Barat yang sangat kuat di Jawa; 
  • Masa penjajahan masing-masing daerah berbeda, misalnya Maluku sudah dikuasai oleh Belanda sejak 1605, pulau Jawa Tahun 1619 dan Aceh baru Tahun 1904. Semakin lama masa penjajahan didaerah tersebut, ikatan antara penjajah dengan daerah jajahannya semakin kuat; 
  • Sikap penguasa daerah terhadap penjajah masing-masing daerah berbeda-beda. Ada yang menolak kedatangna penjajah, adapula yang mau bekerjasama; 
  • Adanya perbedaan sumber daya alam dari masing-masing daerah membuat kebijakan yang dikeluarkan berbeda. Semisal di Maluku diterapkan Sistem Pelayarna Hongi sedangkan di Jawa diterapkan sistem Cultuutstelsel, Contingenten dan lainnya.
Praktik penjajahan Belanda yang berlangsung 3,5 Abad tersebut mempengaruhi di berbagai bidang kehidupan, antara lain sebagai berikut :

Bidang Politik dan Pemerintahan
Belanda menerapkan sistem pemerintahan Barat yang berdasarkan ajaran Trias Politica dengan struktur pemerintahan yang terdiri dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pemerintah tertinggi dipegang oleh Gubernur Jenderal, yang merupakan Pemerintah Pusat dengan lembaga tertinggi negaranya.

Secara administratif, para bupati dan tuan tanah adalah pegawai Pemerintahan Belanda yang ditempatkan dibawah pengawasan pemerintah kolonial. Hubungan rakyat dengan Bupati terbatas pada soal administratif dan pungutan pajak. Hak-hak yang diberikan oleh adat telah hilang dan kepemilikan tanah lungguh atau tanah jabatan dihapus dan diganti dengan gaji.

Bidang Ekonomi
  • Penduduk mengenal teknik penanaman dan pengairan yang baik;
  • Pembangunan sarana prasarana (jembatan, jalan raya, jalan kereta api) mengakibatkan semakin ramainya lalu lintas antar pulau dan wilayah;
  • kerajinan wakyat terdesak oleh barang-barang impor;
  • Sistem ekonomi Indonesia hancur, meskipun muncul sistem perekonomian baru, karena peranan syahbandar digantikan oleh pegawai Pemerintah kolonial Belanda.
Bidang Sosial
  • Sistem feodalisme berkembang pesat, karena Belanda justru mempertajam perbedaan ras dan keturunan sehingga menyebut penduduk Indonesia dengan istilah Inlander;
  • Masyarakat kota terpengaruh sistem individualisme;
  • Munculnya status baru dalam masyarakat, yaitu kaum buruh;
  • Munculnya perlawanan rakyat diberbagai wilayah di Indonesia yang dipimpin oleh elit tradisional.
Bidang Budaya
Pengaruh budaya Barat pada bidang seni budaya meliputi seni bangunan, seni musik, seni sastra, seni tari dan tradisi.

Bidang Agama
Masuknya Bangsa Eropa juga membantu penyebarluasan agama yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai agama Nasrani. Agama Nasrani masuk dan dianut oleh masyarakat Indonesia dikarenakan peranan dari para Zending dan Missionaris Belanda maupun Portugis. Penganut agama nasrani di Indonesia hanya minoritas, karena Bangsa Indonesia mayoritas memeluk agama Islam.

Demikian ulasan singkat mengenai Pengaruh Penjajahan di Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Pengaruh Penjajahan di Indonesia, diterbitkan oleh Qindi pada hari 1/31/2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

2 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini