Home » , , » Benteng Vastenburg - Solo

Benteng Vastenburg - Solo

Benteng Vastenburg
(Sumber : Google)

Benteng Vastenburg dibangun atas mandat Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff pada Tahun 1774-1779 di Gladak, Surakarta (Solo). Tujuan utama pembuatan Benteng yang memiliki luas ± 31.500 M² adalah sebagai pusat pengawasan Belanda atas kekuasaan Surakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Paku Buwono III. Awalnya bangunan benteng Vastenburg bernama De Grootmoedigheid yang memiliki arti sombong, barulah pada Tahun 1755 nama benteng berubah nama menjadi Vastenburg yang berarti Benteng Kuat.

Bentuk bangunan Benteng Vastenburg menyerupai bujur sangkar yang dilengkapi dengan bastion disetiap ujung bangunannya. Tembok benteng setinggi 6 M dikelilingi oleh parit yang dulu difungsikan sebagai perlindungan, terdapat dua buah jembatan penghubung yang terdapat pada pintu masuk depan dan belakang benteng. Bangunan didalam benteng terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer serta petak-petak rumah tinggal bagi para prajurit dan perwira. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk persiapan pasukan dan upacara bendera.


Jembatan Pintu Masuk Benteng Vastenburg
(Sumber : Google)
Pada abad ke 18-19, benteng ini memiliki peranan penting karena kota Solo menjadi pusat perdagangan yang ditandai dengan perkembangan kota kolonial. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan kolonial lain semisal Gereja Santo Antonius Purbayan, bekas gedung Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia), kantor pos, rumah Residen, jalan raya poros lurus Solo-Semarang, permukiman Eropa, dan Societet Harmoni yang berjarak tidak jauh dari bangunan benteng.

Benteng ini menjadi saksi bisu perlawanan Indonesia terhadap penjajahan pada saat itu. Banyak para pejuang bangsa yang dipenjara, disiksa dan dibunuh di Benteng Vastenburg, dan ini terus berlanjut ketika penjajahan yang dilakukan oleh Belanda beralih pada penjajahan Jepang. Namun seperti yang kita ketahui bahwa penjajahan yang dilakukan Jepang lebih menyiksa rakyat Indonesia. Setelah masa penjajahan berakhir, benteng ini difungsikan sebagai Markas TNI dan pelatihan keprajuritan.

Demikian ulasan singkat mengenai Benteng Vastenburg, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Benteng Vastenburg - Solo, diterbitkan oleh Qindi pada hari 7/03/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

1 komentar:

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini