Home » , , » Fungsi Vitamin dan Jenisnya

Fungsi Vitamin dan Jenisnya


Mungkin kita sering mendengar yang namanya Vitamin, tapi tahukah kamu apa itu vitamin???

Gambar Ilustrasi Vitamin(Sumber : Google)

Vitamin terdiri dari dua suku kata dan keduanya berasal dari bahasa latin, yaitu vita yang memiliki arti hidup dan amine (amina) yang artinya sesuatu hal organik yang memiliki unsur atom nitrogen (N). Sedangkan kegunaan vitamin sangat berperan besar dalam setiap proses metabolisme tubuh.

Setiap vitamin memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda. Namun perlu ketahui dan perhatikan agar tidak mengkonsumsi vitamin lebih atau kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika mengkonsumsi secara berlebih, maka akan mengakibatkan perubahan pada bagian-bagian tubuh. Sedangkan jika mengkonsumsi vitamin kurang dari kebutuhan tubuh, maka dapat dipastikan akan tumbuh ketidakseimbangan dan pastinya akan berdampak buruk bagi tubuh.

Vitamin dapat dibedakan berdasarkan kelarutannya. Vitamin B dan Vitamin C adalah jenis vitamin yang mampu larut dengan air, sedangkan Vitamin A, D, E, dan K atau biasa disingkat Vitamin ADEK. Terdapat beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan agar tubuh dapat terjaga dari serangan berbagai penyakit saat bertumbuh dan berkembang. Jenis vitamin tersebut antara lain Vitamin A, B (tiamin, naisin, biotin, riboflavin, asam pantotenat,vitamin B6, B12 serta Folat), C, D, E dan K. Berikut penjelasan singkat mengenai vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita.

Vitamin A
Vitamin A dalam bahasa kesehatan biasa disebut juga dengan nama “retinol”. Fungsi utamanya yakni mencegah penyakit akibat infeksi yang ditimbul semisal menurunnya daya tahan tubuh, terganggunya penglihatan (rabun) serta kulit yang tidak sehat. Vitamin A dapat ditemukan pada makanan dan minuman yang sering kita konsumsi semisal susu, ikan, pisang, papaya dan wortel.

Vitamin B
Vitamin B terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6 dan B12.

Vitamin B1
Vitamin B1 atau biasa disebut “tiamin” lebih cenderung akan menimbulkan penyakit pada kulit tubuh kita semisal kulit kering, kulit bersisik serta penyakit beri-beri. Untuk mencegah kekurangan pada Vitamin B1, kita dapat mengkonsumsi daging, susu, telur, nasi serta tanaman nabati semisal kacang-kacangan.

Vitamin B2
Kekurangan Vitamin B2 atau disebut “riboflavin” akan mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh, bibir pecah-pecah serta sariawan. Vitamin B2 banyak ditemukan pada kuning telur, susu dan sayur-mayur segar.

Vitamin B3
Vitamin B3 atau disebut “niasin” berfungsi untuk menghasilkan energi serta protein pada tubuh serta dapat mencegah penyakit yang mengganggu pada sistem pencernaan, mual, muntah, menjaga kadar gula darah dan darah tinggi. Vitamin B3 dapat ditemukan pada daging unggas, ikan serta ragi.

Vitamin B5
Vitamin B5 atau disebut “asam pantotenat” banyak bersumber pada susu, daging, sayur serta kacang hijau. Vitamin B5 berfungsi sebagai pemecah nutrisi makanan yang masuk dan terserap oleh tubuh.

Vitamin B6
Vitamin ini disebut “piridoksin” berperan sebagai salah satu senyawa  yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis pada asam lemak tubuh yang dapat menjaga metabolisme pada nutrisi yang akan memproduksi daya tahan tubuh. Vitamin B6 dapat kita temukan pada jagung, beras dan ikan.

Vitamin B12
Penyebab kekurangan Vitamin B12 atau disebut “sianokobalamin” akan mengakibatkan kita mengalami lesu, kekurangan darah (anemia) serta iritasi kulit. Kita dapat mendapatkan Vitamin B12 yang hanya dihasilkan oleh hewan seperti daging, telur serta hati.

Vitamin C
Vitamin C atau disebut “asam askorbat” banyak memberikan banyak manfaat bagi tubuh, karena berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen. Kolagen yaitu protein penting yang menyusun jaringan kulit, sendi, merperkuat tulang dan gigi,menjadi antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, jaringan lain seperti sel darah merah. Vitamin ini sangat berperan dalam menjaga kebugaran tubuh guna mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh seperti rusaknya sel darah, gangguan saluran pencernaan, menyebabkan gusi berdarah. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan.

Vitamin D
Vitamin D sangat membantu metabolism pada kalsium dan mineralisasi yang mempengaruhi pada pertumbuhan tulang. Cahaya matahari membantu kinerja vitamin ini. Kekurangan akan Vitamin D pada masa pertumbuhan akan mengakibatkan pertumbuhan tulang yang tidak normal seperti bentuk kaki akan membentuk huruf O dan X. sedangkan pada manula akan mengakibatkan penyakit osteoporosis (kerapuhan tulang) yang diakibatkan berkurangnya kepadatan pada tulang. Namun jika pengonsumsian Vitamin D secara berlebihan akan berakibat diare, dehidrasi dan berkurangnya berat badan. Vitamin ini banyak diberasal pada makanan hewani seperti ikan, telur dan susu.

Vitamin E
Vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur dan ragi. Walaupun hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar yang sedikit, namun Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan yang menjaga jaringan-jaringan dalam tubuh seperti jaringan kulit, mata, sel darah dan jaringan pada hati dan berakibatkan kemandulan pada jaringan reproduksi jika tubuh kekurangan menyerap Vitamin E.

Vitamin K
Vitamin K berperan dalam pembentukan system peredaran darah yang baik dan berakibat sulitnya tubuh untuk membentuk pembekuan darah saat terjadi luka (pendarahan). Vitamin E dapat kita dapatkan pada saat kita mengkonsumsi susu, kuning telur dan sayur-mayur segar.

Demikian ulasan singkat mengenai Vitamin, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Fungsi Vitamin dan Jenisnya, diterbitkan oleh Qindi pada hari 7/06/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

1 komentar:

  1. mari bergabung dengan kami di
    F|A|N|S|P|O|K|E|R jangan lupa untuk di add ya pin bb 55F97BD0 ^^

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini