Home » , » Pekerjaan Kolom Dalam Bidang Konstruksi

Pekerjaan Kolom Dalam Bidang Konstruksi


Pekerjaan Kolom Dalam Bidang Konstruksi
Pekerjaan Kolom
Kolom merupakan bagian struktur tekan dengan posisi tegak atau dapat diartikan beton bertulang yang diletakkan diatas pondasi dengan posisi tegak (vertikal). Kolom selain berfungsi sebagai pengikat pasangan dinding, penggunaan kolom juga dimaksudkan untuk meneruskan beban tekanan dari atas sampai dasar tekanan, yaitu tanah melalui Pondasi.

Umumnya, bahan yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan kolom terdiri dari besi beton dan adonan beton. Besi beton berfungsi untuk menahan gaya tarik yang terjadi pada kolom, sedangkan beton berfungsi untuk menahan gaya tekan yang terjadi pada kolom.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pekerjaan Kolom antara lain :
  • Pelaksanaan pekerjaan kolom perlu adanya perencanaan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan elemen beton bertulang lainnya.
  • Fabrikasi pembesian dilakukan ditempat fabrikasi. Besi ini dirakit dan dibentuk sesuai dengan shop drawing
  • Bekisting dibuat dari multiplex 9 mm yang diperkuat dengan kayu usuk 4/6 dan diberi skur-skur penahan agar tidak mudah roboh.
  • Adanya 2 kontrol kualitas yang dilakukan. kontrol kualitas pertama yaitu kontrol kualitas Sebelum dilakukan pengecoran meliputi kontrol kualitas terhadap posisi dan kondisi bekisting, posisi dan penempatatan pembesian, jarak antar tulangan, panjang penjangkaran,ketebalan beton decking (Beton tahu), ukuran baja tulangan yang digunakan,posisi penempatan water stop. Kontrol kualitas kedua yaitu kontrol kualitas saat pengecoran.
  • Pada saat berlangsungnya pengecoran, campuran dari Concrete Mixer Truck diambil sampelnya. Sampel diambil menurut ketentuan yang tercantum dalam Spesifikasi Teknis Pekerjaan. Kontrol kualitas ini akan dilakukan bersama-sama dengan konsultan pengawas untuk selanjutnya dibuat berita acara pengesahan kontrol kualitas.
  • Kegiatan pengecoran dilakukan secara langsung dan menyeluruh
  • Kegiatan Curing (perawatan) Curing (perawatan) dilakukan sehari (24 jam) setelah pengecoran selesai dilakukan dengan dibasahi air dan dijaga/dikontrol untuk tetap dalam keadaan basah.
Peralatan Pekerjaan Kolom Beton:
  • Concrete Mixer
  • Vibro Concrete
  • Gerobak Dorong
  • Alat bantu Pengecoran

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Pekerjaan Kolom Dalam Bidang Konstruksi, diterbitkan oleh Qindi pada hari 3/04/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

3 komentar:

  1. Ijin sedot gan, buat metode lelang

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut om,
      tlg untuk masukannya, takut ada yg terlewat atau kurang dalam tahap pekerjaannya

      Hapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini