Home » » Pengendalian Mutu Pada Proyek

Pengendalian Mutu Pada Proyek

Pengendalian Mutu Pada Proyek
Gambar Ilustrasi

Kenapa harus ada Pengendalian Mutu Pekerjaan?

Dalam pelaksanaan suatu proyek, dibutuhkan suatu pengendalian, agar proyek yang sedang dikerjakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat pada tahapan persiapan. Dalam pengendalian suatu proyek harus memenuhi persyaratan mutu, yang merupakan sasaran pengelolaan proyek disamping jadwal dan biaya.

Mutu adalah sifat dan karakteristik produk atau jasa yang membuatnya memenuhi kebutuhan pelanggan atau pemakai (customers). Definisi lain untuk mutu dalam pekerjaan konstruksi adalah fitness for use. Istilah itu juga memperhatikan masalah tersedianya produk, kendalaan dan masalah pemeliharaan. Pengendalian mutu proyek konstruksi harus diarahkan kepada usaha memuaskan kebutuhan dan persyaratan yang diungkapkan klien dan harus dilakukan pada seluruh tahap pekerjaan.

Selama tahapan perancangan, proses pengambilan keputusan yang bertahap akan digabungkan dengan pemeriksa dimana rancangan yang sedang dikembangkan ditinjau secara formal, membuat pengendalian menyeluruh lebih mudah.

Setelah memahami mutu proyek, langkah berikutnya adalah mengelola aspek mutu tersebut dengan benar dan tepat sehingga tercapai apa yang disebutkan, yaitu pengelolaan yang bertujuan mencapai persyaratan mutu proyek pada pekerjaan pertama tanpa adanya pengulangan dengan cara-cara efektif dan ekonomis.

Sebagai alternatif, pekerjaan konstruksi harus menyiapkan program penjamin mutu. Sama halnya dengan biaya dan jadwal, maka pada mutu diperlukan suatu program penjaminan mutu sistematis, lengkap dan jelas. Suatu program mutu yang tersusun dalam dokumen minimal meliputi hal-hal sebagai berikut :
  • Perencanaan sistematis yang merinci dan yang menjabarkan langkah-langkah yang akan ditemuh untuk mencapai sasaran mutu setiap tahap pengerjaan proyek;
  • Penyusunan batasan dan kriteria spesifikasi dan standar mutu yang akan digunakan dalam desain engineering, pembelian material dan konstruksi;
  • Penyusunan organisasi dan pengisian personil untuk melaksanakan kegiatan penjamin mutu;
  • Pembuatan prosedur pelaksanaan kegitan;
  • Identifikasi peralatan yang akan digunakan;
  • Identifikasi bagian kegiatan yang memerlukan bantuan dari pihak ketiga.
Demikian Penjelasan mengenai Pengendalian Mutu pada suatu pekerjaan Konstruksi, semoga dapat menjadi manfaat pengunjung Blg Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Pengendalian Mutu Pada Proyek, diterbitkan oleh Qindi pada hari 3/20/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan masukkan komentar Anda di sini